Tuban wujudkan Smart City

Tuban – Setelah dilantik Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pada 20 Juni 2021, Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, bersama Wabup Tuban H Riyadi langsung menyusun program pembangunan di Kabupaten Tuban.

Salah satu fokus visi dan misinya adalah terwujudnya Kabupaten Tuban sebagai Smart City atau Kota Cerdas.

Keseriusan Pemkab Tuban dalam menjalankan program Smart City yang digaungkan Bupati Aditya Halindra Faridzky itu mendapat apresiasi berupa penghargaan Implementasi Program Smart City kategori Smart Governance menuju Smart City dari Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tuban Arif Handoyo, mengatakan, capaian prestasi yang membanggakan ini menjadi motivasi bagi Pemkab Tuban untuk mempercepat pelaksanaan smart city Kabupaten Tuban.

Bacaan Lainnya

Hal ini sejalan dengan salah satu misi bupati Tuban, yakni Memantapkan Tata Kelola Pemerintah Daerah yang Baik, Profesional, Transparan, Akuntabel dan Sistem Pengawasan yang Efektif.

Untuk mencapai tujuan tersebut, Pemkab Tuban menunjuk Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tuban sebagai pilot pengembangan Kabupaten Tuban sebagai Kota Cerdas.

Menindaklanjuti semangat menuju smart city tersebut, program-program yang dijalan Diskominfo Tuban selalu merujuk pada konsep smart city.

‘’Saat ini (payung hukum atas pelaksanaan smart city di Kabupaten Tuban) masih dalam pembahasan,’’ terangnya.

Lebih lanjut mantan kabag hukum Setda Tuban ini menyampaikan, program implementasi smart city Kabupaten Tuban dikembangkan dalam dimensi smart governance, smart branding, smart economy, smart society, smart living, dan smart environment.

‘’Seluruh dimensi tersebut saling terkoneksi dalam mewujudkan smart people,’’ tandasnya. (*Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *