Timnas Iran Tolak Nyanyikan Lagu Kebangsaan di Piala Dunia 2022

Foto: tempo co

Pastipas.id – Pemain Tim Nasional Iran memilih tidak menyanyikan lagu kebangsaan dalam pertandingan melawan Tim Nasional Inggris di Piala Dunia 2022 (21/11/2022).

Para pemain Iran memilih diam saat lagu kebangsaan Iran berkumandang di Stadion Internasional Khalifa, Doha.

Aksi tersebut merupakan bagian dari protes yang sudah berlangsung selama dua bulan di Iran atas kematian Mahsa Amini yang tewas setelah ditahan oleh polisi moral di negaranya.

Melansir cnnindonesia.com , Mahsa Amini ditahan polisi moral Iran karena tidak mengenakan jilbab atau tidak sesuai ketentuan pemerintah negara Iran pada September lalu.

Bacaan Lainnya

Menurut keterangan polisi, Amini, perempuan berusia 22 tahun itu meninggal dunia karena mengalami masalah jantung selama dalam penahanan.

Beberapa media juga mengklaim bahwa Amini tewas karena menderita berbagai kondisi kesehatan sebelum penangkapannya.

Namun, Ayah Amini mendapati memar-memar pada kaki jasad putrinya dan pihak keluarga meyakini bahwa Amini telah disiksa selama penahanan.

Hal tersebut memicu protes besar dari rakyat Iran karena Mahsa Amini meninggal dunia usai penangkapan tersebut.

Tidak hanya itu, dua artis Iran, Hengameh Ghaziani dan Katayoun Riahi juga ditangkap akibat lepas hijab di depan umum sebagai dukungan untuk Mahsa Amini.

Sebelum penangkapannya, Ghaziani sempat mengunggah video di Instagram pada Sabtu (19/11/2022) yang menunjukkan dirinya sedang berada di depan umum tanpa hijab.

“Ini mungkin menjadi unggahan terakhir saya. Mulai saat ini, jika terjadi sesuatu pada saya, ketahuilah bahwa saya akan selalu bersama rakyat Iran hingga napas terakhir saya,” tulisnya dalam keterangan video tersebut.

Peristiwa itu mengakibatkan kecaman terhadap pemerintah Iran karena dianggap menindas perempuan.

Pada Piala Dunia 2022 di Qatar, pendukung Iran menyuarakan pesan menolak kekerasan terhadap perempuan pasca tewasnya Mahsa Amini.

Seorang wanita memegang poster bertuliskan ‘Kebebasan Hidup Wanita’ di luar stadion seusai pertandingan Piala Dunia 2022 Grup B, Inggris vs Iran.

Beberapa pendukung Iran lainnya membentangkan poster bertuliskan ‘Kebebasan Hidup Wanita’ di dalam dan luar stadion saat pertandingan Inggris vs Iran berlangsung. (Flo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *