Satu-Satunya Wisata Gunung Karst di Bojonegoro akan Selesai Dibangun

Pastipas.id – Desa Sumuragung, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro merupakan desa yang berstatus Desa Maju. Hal itu menjadikan Desa Sumuragung terus berkomitmen meningkatkan pembangunan melalui potensi yang ada. Saat ini, Pemerintah Desa melalui BUMDesa “Guyub Rukun” sedang merintis dan membangun destinasi di Tebing dengan nama Wisata Tebing Gupit (WTG).

Dana 300 jt yang diberikan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) dikhususkan untuk membangun wisata desa tersebut. Setelah dua bulan fokus dikerjakan mulai dari akses jalan naik, gasebo, pembangunan toilet juga sarana ibadah. Kini sudah mencapai 80 persen tahap awal. Menariknya, pengunjung yang penasaran sudah mulai berdatangan.

Lokasi yang eksostis dipoles tangan-tangan kreatif menjadikan WTG indah di atas bukit. Dengan pemandangan view panorama kota sekitar dengan gemerlap lampu terlihat dari puncak WTG saat malam hari.

Heri Susanto salah satu Perangkat Desa Sumuragung saat ditemui di lokasi mengatakan, berawal dari melihat potensi wisata yang sangat cocok untuk mengembangkan wisata, Pemdes melalui BUMDesa “Guyub Rukun” berinisiatif membangun bukit atau tebing ini menjadi wisata.

Bacaan Lainnya

“Kita berkordinasi dengan konsultan untuk mendesain pembangunan ini,” ujarnya Senin (07/11/2022).

Sementara itu, dua mahasiswi asal Kabupaten Tuban, saat diwawancarai mengatakan, meskipun belum selesai dibangun, namun sudah terlihat bagus. Menurutnya, setelah rampung dikerjakan pasti akan terlihat eksostis.

“Kami yakin menjadi salah satu alternatif wisata gunung yang banyak digemari. Recommended banget lah,” ucap Evi dan Putri, mahasiswi semester 5 Unisda Lamongan ini.

Terpisah, H Matasim, Kades Sumuragung mengatakan, Wisata Tebing Gupit adalah satu-satunya wisata gunung karst (kapur-red) yang ada di Kabupaten Bojonegoro. Diharapkan bisa menjadi ikon desa wisata.

“Tentunya diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat setempat khususnya masyarakat Desa Sumuragung,” ungkapnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *