Reog Ponorogo ‘Goes to Europe’ Bikin Takjub Pengunjung di Belanda

Pastipas.id – Reog Ponorogo membuat takjub ribuan pengunjung Tong Tong Fair (TTF) di Lapangan Malieveld Den Haag, Belanda. Pengunjung terkesima dengan kesenian yang digelar pada Jumat (9/9/2022) malam tersebut.

“Pertunjukan Reog Ponorogo sudah lama dinantikan untuk tampil di negeri kincir angin,” ujar Duta Besar RI untuk Belanda, HE Mayerfas.

Dalam pertunjukan tersebut, beberapa pengunjung juga berkesempatan untuk mencoba melecutkan cambuk yang digunakan oleh penari. Bagi para pengunjung, ini sangat menarik karena Belanda memiliki hubungan historis panjang dengan Indonesia.

“Orang-orang Belanda sudah lama mengetahui Reog, mereka antusias ingin melihat secara langsung,” imbuhnya.

Bacaan Lainnya

Mengingat Reog merupakan tari topeng paling besar di dunia, tentu banyak pengunjung yang antusias dengan keunikan pertunjukan tersebut.

Dubes Mayerfas juga mengungkapkan, “Reog Ponorogo Goes to Europe membuat masyarakat dunia khususnya Erope semakin mengenalnya.”

Sejak kali pertama digelar tahun 1959 silam, Tong Tong Fair tahun ini tercatat sebagai Tong Tong Fair ke-62.

“Dengan tampil di Tong Tong Fair, Reog semakin layak mendapat pengakuan sebagai warisan budaya tak benda dari UNESCO,” tandasnya.

Apalagi, Mayerfas menambahkan, Reog Ponorogo juga akan tampil di Brussel (Belgia), Paris (Prancis), dan Frakfurt (Jerman) yang akan mendulang sukses yang sama.

“Paling tidak sudah ada jaminan tentang kelestarian kesenian yang unik ini,” pungkasnya.

Sebagai bentuk penghormatan, direktur artistik TTF Arnaud Kokosky bersama Mayerfas diajak untuk menaiki Reog atau Singo Barong. (Flo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *