Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 di Kabupaten Blora

Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 di Kabupaten Blora
Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 di Kabupaten Blora

Pastipas.id, Blora – Pada puncak peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-52 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat ke-21 tahun 2024 tingkat Kabupaten Blora, yang digelar Rabu (26/6/2024) siang, Bupati Blora, H. Arief Rohman, meminta agar PKK terus berperan aktif dalam mengatasi berbagai masalah sosial di daerah tersebut.

Bupati Arief menekankan pentingnya peran PKK dalam mengawal penyelesaian angka stunting, penuntasan dan pengembalian Anak Tidak Sekolah (ATS), serta pemberdayaan ekonomi berbasis potensi lokal untuk menanggulangi kemiskinan, hingga pemetaan bantuan untuk lansia dan difabel.

“Pekerjaan rumah Kabupaten Blora masih banyak, dan kami sangat berharap PKK bisa terus ikut mengawal penyelesaian angka stunting, penuntasan dan pengembalian ATS, pemberdayaan ekonomi berbasis potensi lokal, hingga pemetaan bantuan lansia dan difabel,” ujarnya.

Puncak peringatan yang berlangsung meriah di lapangan Langlang Yudo, Desa Banjarejo, Kecamatan Banjarejo ini, dimeriahkan dengan bazar UKM PKK se-Kabupaten Blora, donor darah, bakti sosial, pentas seni, apresiasi kader PKK, hingga grebeg gunungan.

Bacaan Lainnya

Sebelum grebeg gunungan, dilakukan penyerahan bantuan alat bantu untuk difabel, santunan anak yatim, sembako untuk lansia, bibit tanaman untuk perwakilan masyarakat desa, hingga paket makanan bergizi untuk balita dan lansia.

Mas Arief, sapaan akrab Bupati Blora, menegaskan bahwa nilai-nilai kekeluargaan, gotong royong, dan ikatan emosional seorang ibu memiliki nilai lebih dalam mendekatkan pelayanan kepada masyarakat bawah. Ia juga mengapresiasi Ketua TP PKK Blora yang baru-baru ini menyempatkan menjenguk lansia yang tinggal sebatang kara tidak jauh dari Rumah Dinas Bupati.

“Alhamdulillah bisa mendapatkan perhatian lebih. Kami berharap keberadaan PKK bisa lebih berperan bagi masyarakat yang kekurangan,” tambah Bupati.

Bupati Arief juga meminta Dinas atau Perangkat Daerah yang menjadi mitra kerja PKK, serta seluruh Camat dan Lurah, Kepala Desa se-Kabupaten Blora, untuk mendukung kegiatan PKK hingga tingkat desa.

“PKK punya satuan kader hingga tingkat Dasa Wisma, menjadi ujung tombak pelayanan kesejahteraan masyarakat,” tegasnya.

Ketua TP PKK Kabupaten Blora, Hj. Ainia Shalichah Arief Rohman, menyampaikan bahwa berbagai kegiatan telah dilaksanakan dalam peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat tahun 2024.

Beberapa kegiatan tersebut antara lain bakti sosial untuk lansia, kerja bakti kebersihan lingkungan, bedah rumah tidak layak huni, pelatihan pemberdayaan ekonomi ibu-ibu, hingga pemutaran film bangga kencana bersama Forum Genre.

“InsyaAllah PKK siap untuk terus berkontribusi, berkolaborasi, dan berdedikasi mengabdi untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Blora,” ujarnya. (riz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *