Puluhan Ton Sampah Menumpuk tiap Tahun di Bojonegoro

Pastipas.id (Bojonegoro) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro mencatat perayaan pergantian tahun 2023 di Bojonegoro menghasilkan total 90 ton sampah yang dikumpulkan dari lokasi keramaian. Salah satunya tersebar di sejumlah titik perkotaan, termasuk Alun-Alun Bojonegoro.

 

Kabid Persampahan dan Ruang Terbuka Hijau Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bojonegoro, Muhayanah menegaskan, volume sampah meningkat selama dua tahun terakhir, terlebih pembatasan mobilitas masyarakat karena virus Covid-19 sudah dicabut.

 

Bacaan Lainnya

“DLH mengumpulkan 80-90 ton sampah per hari usai malam perayaan tahun baru 2023. Dan untuk per tahunnya 1604,6 ton sampah selama 2021 serta 2533,1 ton sampah di tahun 2022,”ungkap Muhayanah.

 

Salah satunya penyebab meningkatnya volume sampah karena masyarakat merayakan tahun baru di wilayah perkotaan. Terutama di fasilitas umum seperti pasar, pelayanan umum, swalayan hingga pusat keramaian alun-alun Bojonegoro.

 

Sehingga, pasukan oranye harus ekstra membersihkan sampah yang mengotori lingkungan sekitar perkotaan. Dan mengerahkan sebanyak 357 personel untuk melakukan pembersihan.

 

“Pembersihan sampah dilakukan usai perayaan tahun baru, mulai pukul 05.00 pagi sampai jam 11.00 dan dilanjut pukul 12.00 siang hingga 17.00 sore,” ulas Muhayanah, selaku Kabid Persampahan dan Ruang Terbuka Hijau. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *