Permudah Akses Pertanian, Pemdes Kedungadem Prioritaskan Pembangunan JUT

Pastipas.id (Bojonegoro) – Pembangunan akses jalan pertanian tahun 2023 ini menjadi program prioritas Pemdes Kedungadem. Hal itu guna memberikan kemudahan mobilitas bagi warga petani.

Selain jalan akses untuk pertanian JUT sepanjang 800 meter di 5 titik, Pemdes Kedungaden sukses merampungkan pembangunan infrastruktur jalan desa tahun lalu dengan aspal jalan yang bersumber dari BKKD Bojonegoro.

Salah satunya JUT berada di jalan pertanian RT 05/RW 03 Dusun Krajan sepanjang 200 meter. Sedangkan anggaran bersumber dari Dana Desa sebesar Rp60 juta.

Kades Kedungadem, Hari Agus Purwanto kepada awak media menyebutkan, pembangunan Jalan Usaha Tani merupakan program prioritas dalam ketahanan pangan.

Bacaan Lainnya

“Kalau jalan pertanian bagus tentunya sarana transportasi menuju lahan pertanian lebih mudah dan cepat. Apalagi di masa panen lebih mempercepat mobilitas hasil panen petani,” jelasnya kepada Teropongdesa.com, Selasa (11/04/2023).

Lanjutnya manfaat dari pada Jalan Usaha Tani sendiri adalah untuk memperlancar mobilitas alat dan mesin pertanian, pengangkutan sarana produksi menuju lahan pertanian, atau sebaliknya mengangkut hasil produksi pertanian dari lahan.

“Pembangunan Jalan Usaha Tani ini menjadi salah satu pembangunan prioritas kementrian pertanian selaras dengan program Pemkab Bojonegoro. Sedangkan alokasi kegiatan JUT menggunakan anggaran yang bersumber dari Dana Desa,” jelasnya.

Kades menambahkan, dengan adanya pembangunan Jalan Usaha Tani ini, diharapkan akses transportani petani petani di Desa Kedungadem akan lebih mudah dan cepat. Serta, produktifitas pertanian di dapat meningkat.(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *