Pemkab Bojonegoro Kampanyekan Antikorupsi Bersama Siswa SD

Pastipas.id (Bojonegoro) – Pemkab Bojonegoro melalui Inspektorat menggelar acara puncak peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) dengan cara yang unik.

Kegiatan ini diwarnai lomba game pendidikan antikorupsi melalui game Integrity Goals bersama adik-adik Sekolah Dasar (SD), Selasa (14/12/3022). Acara edukatif ini dilaksanakan di aula SMPN 5 Kecamatan Bojonegoro.

Semarak menumbuhkan integritas sejak kecil ini juga diwarnai dengan sesi kuis tanya jawab seputar sembilan nilai antikorupsi, pengetahuan umum, hingga menghitung cepat.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah, Asisten Administrasi Umum Setda Ninik Susmiati, Inspektur Inspektorat Teguh Prihandono, perwakilan Dinas Pendidikan, perwakilan Polres Bojonegoro, Kepala SMPN 5 Bojonegoro, perwakilan PD BPR Bojonegoro, serta para guru pendamping.

Bacaan Lainnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro Nurul Azizah menyampaikan, Pemkab Bojonegoro terlibat dalam membangun integritas anak bangsa melalui kegiatan di sekolah-sekolah yang dilaksanakan oleh Inspektorat dengan berbagai lomba.

Untuk tahun ini, peringatan Hakordia melalui lomba film pendek tentang antikorupsi dan game Integrity Goals yang diikuti siswa-siswa SD.

Membangun integritas, lanjut Sekda, melalui proses panjang. Sebab integritas tidak hanya membudayakan kejujuran, tapi juga membangun karakter yang dimulai sejak kecil.

Pihaknya mengajak untuk terlibat dalam pembangunan dan pembentukan karakter agar menjadi kebiasaan yang bertujuan menciptakan anak bangsa yang berintegritas.

Sebab, karakter yang berintegritas akan menjadi kebiasaan yang tertanam erat di dalam hati. Sehingga dapat diterapkan di dunia kerja dan kebiasaan ini juga membudaya dalam mengikuti pendidikan. Selain itu juga dapat mempengaruhi sikap dimanapun berada.

“Momen Hakordia tepat untuk menanamkan integritas. Hari Antikorupsi ini juga tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Bapak/Ibu orangtua dan guru, mari kita dampingi anak-anak untuk menumbuhkan integritas dan dapat menjadi generasi emas yang terlibat dalam pembangunan negara kelak,” ujarnya.

Inspektur Inspektorat Kabupaten Bojonegoro Teguh Prihandono menjelaskan, acara Hakordia ini dilaksanakan serentak secara nasional dimulai 1 Desember dan dipusatkan di Surabaya.

Dalam hal ini, Inspektorat mengemban amanat menyelenggarakan beberapa acara yang ditujukan pada anak usia dini supaya mengerti dan memahami apa itu korupsi. Selain itu turut serta dalam membentuk watak anak muda supaya tangguh.

“Tahun sebelumnya, peringatan Hakordia berupa lomba menggambar tema antikorupsi. Gambar-gambarnya sangat bagus dan menginspirasi. Untuk tahun ini lebih banyak mencoba membuat suatu visualisasi tidak hanya gambar dan kata-kata tapi berupa film pendek dan bermain game Integrity Goals,” pungkasnya.

Teguh juga menyampaikan informasi perolehan Penghargaan Pengendalian Gratifikasi Tahun 2022 dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai Insan UPG (Unit Pengendali Gratifikasi).

Ke depan, pihaknya juga menyosialisasikan bahwa gratifikasi bisa dikelola dan bisa diterima untuk kemudian dilaporkan. Dengan tujuan bisa digunakan untuk kepentingan sosial.

“Seperti KPK mengadakan pameran eks gratifikasi untuk dilelang. Hasil lelang disumbangkan. Ke depan akan kami sosialisasikan secara masif,” ungkapnya.

Salah satu pemenang lomba Jenifer, siswi SDK Santo Paulus mengaku senang mengikuti lomba game Integrity Goals. Walau beberapa pertanyaan di dalam game menurutnya sulit, tapi tidak menyurutkan Jenifer untuk terus berusaha.

“Acaranya seru. Game-nya juga cukup sulit. Pesannya, jangan menyontek dan jangan korupsi,” ujarnya ketika diwawancarai. (red/dw)

Daftar Final Pemenang Lomba Game Pendidikan Antikorupsi “Integrity Goals” 2022:

1. Juara 1, Jenifer SDK Santo Paulus
2. Juara 2, Catherine SDK Santo Paulus
3. Juara 3, Elisabeth SDK Santo Paulus
4. Harapan 1, Yosephine SDK Santo Paulus
5. Harapan 2, M. Afkar SDN Sukowati
6. Harapan 3, Citra Kirana SDN Ngadiluhur 1

Daftar Pemenang Lomba Film Pendek Antikorupsi 2022

1. Juara 1, Space Digital Baureno, Judul “Susuk Blonjo”
2. Juara 2, Septian Ardiansah Megantara, Judul “Piweling”
3. Juara 3, Gusti Bintang Deva Winendra, Judul “Sang Waktu”

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *