Pemkab Bojonegoro Gelar Tour Pameran UMKM di 28 Kecamatan

Pembukaan Pameran UMKM di Lapangan Desa Sobontoro, Kecamatan Balen,
Pembukaan Pameran UMKM di Lapangan Desa Sobontoro, Kecamatan Balen,

Pastipas.id, Bojonegoro – Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro menggelar tour pameran kearifan lokal pemberdayaan UMKM di 28 kecamatan. Pembukaan pameran UMKM ini berlangsung di Lapangan Desa Sobontoro, Kecamatan Balen, pada Selasa (2/07/2024).

Langkah ini bertujuan untuk mendorong pengembangan UMKM agar naik kelas serta menggali potensi setiap wilayah.

Staf Ahli Bupati Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Hanafi, yang mewakili Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto, menyampaikan bahwa UMKM merupakan salah satu potensi pembangunan yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, diperlukan kerjasama untuk berkembang, saling mendukung, dan berkarya bersama. Untuk mewujudkan hal ini, Pemkab Bojonegoro terus berupaya mempromosikan dan mengembangkan ekonomi kerakyatan.

Bacaan Lainnya

“Semoga dengan adanya kegiatan tour pameran UMKM ini dapat menggali potensi baru di setiap wilayah serta menaikkan kelas UMKM lebih baik lagi,” ujar Hanafi.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Bojonegoro, Sukaemi, menyatakan bahwa jumlah UMKM di Bojonegoro terus bertambah setiap tahun. Berdasarkan data dinasnya, hingga Juni 2024 terdapat 91.621 UMKM.

“Artinya ada potensi besar untuk dikembangkan dan Pemkab sangat peduli bahwa UMKM harus naik kelas,” tutur Sukaemi.

Lebih lanjut, Sukaemi menjelaskan bahwa salah satu upaya Pemkab melalui dinasnya adalah menyelenggarakan pameran kearifan lokal pemberdayaan UMKM yang berlangsung dari 2 Juli hingga 1 Oktober 2024 di 28 kecamatan.

“Selain melaksanakan pameran, Pemkab juga memberikan pendampingan, bimbingan teknis, serta pelatihan bagi UMKM di Bojonegoro,” tambahnya.

Sukaemi juga berharap agar pelaku UMKM dengan berbagai layanan yang diberikan oleh Pemkab dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka untuk meningkatkan kualitas. Ia berharap UMKM di Bojonegoro dapat naik kelas hingga ke tingkat nasional bahkan internasional. (riz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *