Pemdes Kedewan Launching “Naga Dewa”

buah naga di kedewan bojonegoro

Bojonegoro – Pemerintah Desa Kedewan, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro, melaunching inovasi “Naga Dewa” berupa buah naga, Senin (27/12/2021).

Kepala Desa Kedewan, Sumiati, mengatakan, buah naga yang dilaunching merupakan hasil uji coba di pekarangan warga seluas 200 meter persegi.

“Dan ternyata, buahnya lebat dan rasanya juga enak,” ujarnya.

Dia mengaku, jika nantinya tanaman buah naga akan menjadi ikon baru di Desa Kedewan. Terlebih, di Bojonegoro buah yang terkenal masih sebatas jambu kristal dan belimbing.

Bacaan Lainnya

“Kami akan mendukung penanaman buah naga berbasis masyarakat,” tandasnya.

Tanaman buah naga yang dipetik kali ini, merupakan milik Suparman yang semula baru coba-coba. Namun, ternyata perawatan buah berwarna merah ini tidaklah rumit.

“Tidak butuh air dan hamanya juga tidak ada,” tukasnya.

Tanaman buah naga ini, merupakan inovasi yang diciptakan dari dukungan keluarga dan pegiat inovasi desa Komunitas (Pecinta Alam Kedewan) Lisantono.

“Tehnik yang kami buat sangat sederhana berupa tiang bambu biayanya murah,” imbuhnya.

Pihaknya berupaya dan telah membuahkan hasil. Selama ini, hasil panen buah naga sudah bisa dinikmati oleh keluarga.

Dengan adanya launching ini, pihaknya berharap jika dapat memberikan contoh kepada masyarakat terkait pembuatan dan cara bertanam buah naga.

“Harapan saya, semoga inovasi ini dapat bermanfaat bagi orang banyak dan teruntuk bagi keluarga kami dan masyarakat Kedewan,” pungkasnya.

Sementara Camat Kedewan, Zenny, mendukung penuh yang dilakukan Pemdes Kedewan dengan mendukung program inovasi penanaman buah naga.

“Kita berharap, bisa meningkatkan roda perekonomian warga Kedewan,” pungkasnya. (*red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *