Minum Air Putih untuk Kesehatan Ginjal yang Optimal

Air Putih
Air Putih

Pastipas.id, Bojonegoro – Gagal ginjal adalah kondisi medis serius di mana ginjal tidak mampu menyaring limbah sisa metabolisme tubuh dengan efektif, sehingga zat-zat beracun menumpuk dalam tubuh.

Keadaan ini bisa berakibat fatal jika tidak ditangani dengan baik. Salah satu cara sederhana namun efektif untuk mencegah gagal ginjal adalah dengan memastikan asupan cairan yang cukup setiap hari.

Menurut pakar gizi PT Kalbe Farma TBK, Airin Levina, minum air putih dapat mencegah penyakit ginjal. Ia menyarankan agar setiap orang meminum air putih minimal 2 liter per hari untuk menjaga fungsi ginjal yang optimal.

“Idealnya, setiap orang meminum air putih minimal 2 liter per hari. Tapi kalau sehari-harinya di lapangan, panas-panasan, maka harus ditambah karena ada cairan yang keluar dalam bentuk keringat,” kata Airin, dikutip dari tempo.co.

Bacaan Lainnya

Airin menekankan pentingnya memperhatikan ciri-ciri penyakit ginjal yang harus diwaspadai, seperti nyeri punggung, mual disertai muntah, sakit bagian dada, sakit perut, sering merasa linglung, mengalami tekanan darah tinggi, dehidrasi, mudah lelah, dan produksi urine berkurang.

Ia menambahkan bahwa banyak orang sering melupakan bahwa minum air putih dapat mencegah penyakit ginjal.

Untuk mencegah gagal ginjal sebelum terlambat, Airin menyarankan menjalankan kebiasaan hidup sehat dengan minum air yang cukup dan menjaga pola makan yang sehat. Ia merekomendasikan untuk mengonsumsi air putih sesuai jadwal berikut:

Pagi hari: 2 gelas

Siang hari: 1 gelas

Setelah makan siang: 2 gelas

Sore hari: 2 gelas

Malam hari: 2 gelas

Sebelum tidur: 1 gelas

Dengan mencukupi kebutuhan air putih minimal 2 liter per hari, kita sudah mengambil langkah penting dalam mencegah gagal ginjal dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. (riz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *