Kerajinan Tumbler Kayu Jati Bojonegoro di JKF 2022

Pastipas.id – Kerajinan tumbler kayu jati yang diproduksi di Kecamatan Margomulyo, Kabupaten Bojonegoro menjadi primadona pengunjung Jatim Kominfo Festival (JKF) tahun 2022. Produk UMKM ini menarik perhatian karena menggunakan bahan lokal, yakni kayu jati.

Tumbler kayu jati menjadi salah satu produk UMKM yang ada di venue Dinkominfo Bojonegoro dalam ajang JKF 2022. Pameran JKF diselenggarakan selama empat hari mulai tanggal 26-28 Juli 2022 di Balai Among Tani Kota Batu.

Kerajinan tumbler memakai kayu jati terinspirasi dari kekhasan Bojonegoro akan kualitas kayu jati. Kayu jati bagaikan emas hijau yang tidak kalah berharganya dengan emas hitam (migas) yang dimiliki Bojonegoro. Pohon jati juga termasuk kekayaan alam yang dapat diperbaharui sehingga bisa dijaga terus keberlanjutannya.

Selain diambil kayunya sebagai bahan baku furniture, limbah dari kayu jati juga dapat dimanfaatkan dengan berbagai kerajinan. Mulai dari akar tunggak pohon jati yang dapat dikemas menjadi meja maupun kursi. Kerajinan ini juga memiliki nilai seni tinggi, sehingga muncul ide pembuatan tumbler yang kekinian.

Bacaan Lainnya

Salah satu pengunjung asal kota batu Aradea mengatakan bahwa baru pertama kali melihat tumbler yang dikemas secara unik yakni dengan kayu jati. Desain ini memberikan kesan klasik dan elegan.

“Sungguh inovasi yang sangat bagus sekali, karena dari limbah kayu jati dibuat suatu produk yang menjadi nilai tambah secara ekonomi,” ucapnya saat mengunjungi venue Dinkominfo Bojonegoro.

Aradea menjelaskan bahwa keunikan bahan ini perlu mendapat apresiasi dari pemerintah daerah untuk bisa membantu mengembangkan produksi tumbler ini. Ia juga senang dengan penjelasan dari petugas penjaga stand atau venue Dinas Kominfo Bojonegoro terkait asal muasal produk tumbler ini dibuat. (Dwi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *