Kepulauan Widi Halmahera Dikabarkan Muncul di Situs Lelang Asing

Foto: Sotheby's Concierge Auctions

Pastipas.id – Beberapa hari ini heboh Kepulauan Widi yang terletak di Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara muncul di situs pelelangan asing.

Kepulauan Widi muncul di situs Sotheby’s Concierge Auctions yang akan dilelang mulai tanggal 8 Desember 2022.

Menanggapi hal tersebut, mengutip dari Kompas.com, Kementerian Dalam Negeri menyatakan bahwa gugusan Kepulauan Widi, Maluku Utara, tidak dapat dikelola oleh publik.

“Kepulauan Widi tidak bisa dimiliki atau dikelola publik karena sudah menjadi kawasan konservasi,” ujar Dirjen Adwi Kemendagri, Safrizal, Kamis (24/11/2022).

Bacaan Lainnya

Melalui Antaranews.com, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi menegaskan bahwa ada aturan yang berlaku.

Aturan tersebut termuat dalam peraturan perundang-undangan yang menyatakan bahwa pulau-pulau kecil tidak bisa dimiliki oleh pihak mana pun.

Antaranews.com, menerima laporan bahwa Kepulauan Widi sudah memiliki izin pengelolaan yang diberikan kepada PT. Leadership Island Indonesia.

Namun hingga kini pembangunan belum terealisasi sampai kabar pelelangan tersebut muncul.

Jodi mengatakan, jika perizinan pengelolaan pulau kecil didapatkan perusahaan hukum nasional maka investasi dengan pihak asing juga harus sesuai perundang-undangan.

“Bagi pihak-pihak yang ingin mengelola, bukan memiliki, kawasan pulau kecil harus mendapat izin dari pemerintah,” tegasnya. (dwi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *