Ganjar dan Gibran Sebut Ada Bekingan Besar di Tambang Ilegal Klaten

Foto: detik.com | Instagram @provjateng

Pastipas.id – Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melalui akun Twitternya menanggapi aduan netizen mengenai tambang ilegal di Klaten.

Akun Twitter @amr715882 meminta Gibran untuk menyampaikan ke Presiden Jokowi untuk menindak tambang pasir ilegal di Klaten.

Mas..sampekan ke pak @jokowi untuk menindak tambang pasir ilegal yg ada di kab. klaten. Lebih dari 20 titik lokasi,” tulis akun tersebut, Minggu (27/11/2022).

Akun tersebut juga mencolek akun resmi Kapolri, Listyo Sigit Prabowo dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo di postingannya.

Bacaan Lainnya

Menanggapi aduan tersebut, Gibran mengatakan jika beberapa kali Bupati Klaten juga mengeluh kepadanya. Gibran menyebut jika tambang tersebut memiliki bekingan ngeri.

Ya pak. Ini bupati juga beberapa kali mengeluh ke saya. Beckingan nya ngeri,” tanggap Gibran.

Merespon postingan yang juga mencolek Gubernur Jawa Tengah, Gajar Pranowo, ia juga menyebut bahwa tambang tersebut memiliki bekingan yang besar.

“Saya tahu bekingnya gede-gede di sana. Kalau ada bekingannya makanya kita minta dilaporkan pada kita siapa yang ada di belakangnya agar kita tahu mana legal dan ilegal. Setelah itu kita serahkan pada penegak hukum. Maka penegak hukum minta perannya berdiri paling depan karena sudah terkait dengan pelanggaran,” kata Ganjar di kantornya, Semarang, Senin (28/11/2022) mengutip dari detikJateng.

Ganjar menjelaskan, tindakan terhadap tambang ilegal sudah pernah dilakukan melalui Tim Puser Bumi. Tetapi ia mengatakan jika tindakan itu sama sekali tidak efektif.

Sementara itu, Kapolres Klaten AKBP Eko Prasetyo, seperti dikutip dari radarsolo.jawapos.com, mengungkapkan jika pihaknya akan melakukan pengecekan terhadap keluhan itu.

“Nantinya akan kami koordinasikan dengan pemkab dan pemerintah provinsi untuk melakukan pengecekan secara langsung di lapangan seperti apa. Kalau nanti ada, akan kami tunggu penanganan lebih lanjut,” pungkas Eko.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *