Edukasi Pengenalan Bahaya Bencana, BPBD Bojonegoro Terima Kunjungan Anak-anak RA dan PAUD 

Pastipas.id (Bojonegoro) – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro menerima kunjungan dari RA (Raudhatul Athfal) Matlaul Islam dan PAUD Permata Hati Sukosewu, Rabu (3/5/2023). Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan rutin BPBD Bojonegoro untuk melakukan edukasi pengenalan bahaya bencana sejak dini kepada anak-anak.

Kegiatan kunjungan ini diikuti 65 anak-anak RA Matlaul Islam dan PAUD Permata Hati Sukosewu dengan didampingi oleh wali kelas dan orangtua. Mereka mendapatkan materi dari petugas BPBD, diantaranya tentang pengenalan tugas BPBD, pengenalan peralatan tim BPBD, dan video edukasi tentang keselamatan jika terjadi bencana.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro Ardhian Orianto menjelaskan pengenalan pembelajaran bencana harus dilakukan sejak anak usia dini. Mereka perlu mengenal masalah bencana terlebih dahulu agar nanti kedepannya semakin mengenal dan paham.

“Pengetahuan mitigasi dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dimulai dari usia dini, agar pemahaman kebencanaan dan kesiapsiagaan secara mandiri dapat tertanam pada masyarakat sejak usia dini,” kata Ardhian.

Bacaan Lainnya

Sementara itu, Kepala RA Matlaul Islam, Uswatun, mengatakan pihaknya sangat senang dengan penyambutan dan pelayanan dari BPBD Bojonegoro. Dengan kunjungan ini anak-anak dapat belajar secara langsung, memahami dan menambah wawasan dari materi yang diberikan oleh petugas BPBD.

“Anak-anak jadi tahu bagaimana ketika ada bencana alam. Tim BPBD memberikan pembelajaran materi dengan maksimal dan menyenangkan. Mulai dari bencana gempa, longsor, banjir hingga kebakaran”, ucapnya.

Setelah diberikan materi, anak-anak diajak jalan-jalan menggunakan kendaraan BPBD agar merasakan jika menjadi tim BPBD.(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *