Disbudpar Bojonegoro Luncurkan Tari Selamat Datang Langen Thengul

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menggelar acara Launching dan Workshop Tari Selamat Datang “Langen Thengul”.

Agenda yang diselenggarakan di Gedung Serba Guna, Selasa (8/2/2022) itu dihadiri oleh para seniman Bojonegoro, Rektor Perguruan Tinggi di Bojonegoro, Kepala OPD terkait, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, dan Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda yang sekaligus mewakili Bupati Bojonegoro.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bojonegoro, Budiyanto, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini berdasarkan UU No. 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Perda No. 1 Tahun 2020 terkati Pelestarian Kesenian Tradisional, dan Program Kerja Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Dalam upaya pengembangan dan pemajuan kebudayaan Bojonegoro.

“Proses pembuatan tari selamat datang Langen Thengul ini merupakan hasil arahan dari Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah dan juga hasil diskusi dengan para seniman yang ada di Bojonegoro,” papar Budiyanto.

Bahkan, proses pembuatan Tari Langen Thengul ini juga melibatkan para sarjana-sarjana dari Perguruan Tinggi yang berkompeten dalam kesenian dan kebudayaan. Yaitu ISI Surakarta dan UNESA Surabaya, sedangkan untuk tim penari diambil dari generasi milenial Bojonegoro yang berusia antara 15-17 tahun.

“Tujuan diadakannya launching dan workshop ini agar tari Langen Thengul ini segera dikenal luas oleh masyarakat Bojonegoro,” ucapnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Kusnandaka Tjatur dalam sambutannya mewakili Bupati Bojonegoro menyampaikan permohonan maaf dari Bupati Bojonegoro yang berhalangan hadir secara langsung dalam acara launching dan workshop.

“Ini merupakan sebagai wahana kreasi para seniman Bojonegoro sesuai Perda No. 1 Tahun 2020 tentang Pelestarian dan Pengembangan Kesenian Tradisional,” sambungnya.

Dalam sambutan yang diwakilkan oleh Kusnandaka Tjatur, Bupati Bojonegoro juga menyampaikan terima kasih kepada seniman yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya untuk menciptakan tari Langen Thengul ini. “Kami ingin mengajak semua pihak untuk bersama-sama saling berkomunikasi. Agar tejadi hubungan yang baik demi mendukung terciptanya produksi Bojonegoro, baik di era budaya wisata yang energik dan produktif,” pungkasnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *