Cegah Penyebaran PMK, Babinsa Koramil Trucuk Bojonegoro Kawal Vaksinasi Hewan Ternak

Pastipas.id (BOJONEGORO) – Upaya untuk mencegah merebaknya Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak, Senin (13/2/2023), Bintara Pembina Desa (Babinsa) jajaran Kodim 0813 Bojonegoro mendampingi petugas kesehatan dari Dinas Peternakan melaksanakan vaksinasi hewan ternak sapi diwilayah binaan.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Koramil 0813-22/Trucuk, dipimpin langsung Danramil Kapten Inf Ratik, bersama Bhabinkamtibmas Polsek Trucuk, Satpol PP, Kepala Desa dan Perangkat Desa Guyangan Kecamatan Trucuk melaksanakan pemantauan sekaligus vaksinasi pada hewan ternak sapi milik warga setempat.

Komandan Koramil (Danramil) 0813-22/Trucuk, Kapten Inf Ratik, menyampaikan, ada sebanyak 142 ekor hewan sapi milik warga Desa Guyangan divaksinasi petugas kesehatan dari Dinas Peternakan Kecamatan Trucuk. Menurutnya, karena adanya wabah PMK tersebut kami bersama tim akan terus melakukan pemantauan dan pendataan.

Selain itu, pihaknya juga berharap akan adanya koordinasi baik pemilik hewan ternak maupun dengan petugas terkait jika ditemukan kasus PMK. “Kami juga mengimbau apabila ditemukan kasus PMK agar segera cepat melapor supaya cepat pula ditangani,” ujar Kapten Inf Ratik.

Bacaan Lainnya

Pihaknya juga menghimbau bahwa penyakit ini sangat berbahaya dan mudah sekali menular melalui kontak langsung antara hewan yang tertular dengan hewan yang rentan penyakit melalui leleran lendir hidung, dan serpihan kulit. Kepada warga masyarakat yang memiliki ternak sapi agar rutin membersihkan lingkungan kandangnya.

“Apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera laporkan, sehingga dapat segera ditangani guna mencegah penularan PMK terhadap hewan lain,” pungkasnya.(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *