Bupati Tuban Dilantik Jadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka

Tuban – Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky, SE dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban bersama seluruh Pengurus Majelis Pembimbing Cabang, Pengurus Kwartir Cabang, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban masa bakti 2021-2026. Pelantikan dilaksanakan di Pendopo Krida Manunggal, oleh Ketua Kwarda Jawa Timur Arum Sabil, Jumat, (24/12). 

Dalam arahannya, Bupati Tuban sekaligus Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tuban, mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus MABICAB, Pengurus Kwarcab, dan Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Tuban masa bakti 2021-2026.

Mas Lindra berharap, pengurus baru bisa aktif merespon positif seluruh program dan kegiatan pramuka, meningkatkan SDM, materi pendidikan, sistem pembinaan hingga manajemen organisasi. Lebih dari itu, Mas Bupati juga berharap ada sinergi nyata antara pramuka dengan Pemkab Tuban dalam membangun serta mewujudkan visi-misi Pemerintah Kabupaten Tuban ke depannya. 

“Mari bersama membangun serta mewujudkan Tuban sejahtera, berkeadilan, berbudaya, berdaya saing dan berbasis lingkungan melalui Bangun Desa Nata Kota,” seru Mas Bupati.

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, Mas Bupati mengungkapkan, Pramuka secara nyata dapat mencetak generasi muda yang cinta tanah air, berkarakter, unggul, tangguh, penuh daya inovatif, dan mandiri. Untuk itu, Mas Lindra meminta agar Kepala Dinas terkait memberikan dukungan secara optimal kepada gerakan pramuka. Selain itu, pengurus Majelis Pembimbing Ranting dan Pengurus Kwarir Ranting agar bersama berjuang memberikan dukungan di daerah masing- masing. 

Sementara itu, Ketua Kwarda Jawa Timur Arum Sabil dalam sambutannya mengatakan, gerakan pramuka memiliki tujuan sangat mulia dan harus dikelola dengan baik dan profesional. Salah satu unsur penting dalam gerakan pramuka adalah majelis pembimbing, dukungan dan fasilitasi penyelenggaraan pendidikan kepramukaan secara berkelanjutan dan berkesinambungan. Untuk itu, menurut AD ART Pasal 54 ayat 6, di mana MABICAB diketuai oleh Kepala Daerah, dan Majelis Pembimbing harus memiliki komitmen tinggi terhadap gerakan pramuka.

“Saya percaya kakak-kakak akan berkomitmen dan menjalankan tugas. Memberi tenaga, dana dan fasilitas yang diperlukan untuk pendidikan kepramukaan di Kabupaten Tuban,” harapnya. 

Sabil juga mengungkapkan, jika dalam lima tahun ke depan, Kwarda Jatim akan berfokus pada pembangunan jiwa wirausaha peserta didik untuk ikut terlibat dalam kepembangunan ketahanan pangan nasional. Untuk itu, melalui kegiatan pramuka yang produktif Kwarda Jatim mengajak seluruh Kwartir Cabang Jatim untuk ambil bagian dalam pengembangan kegiatan pramuka produktif yang fokus pada budidaya peternakan, pertanian dan perkebunan. Tak hanya itu, ia juga mengajak semua pihak untuk bergandengan tangan bersinergi dengan program pemerintah, terutama untuk membantu pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi. Lebih dari itu, pramuka dibentuk untuk membentuk generasi unggul.

“Gerakan ini melibatkan semua pihak untuk mengantarkan kaum muda Indonesia menjadi generasi yang lebih baik,” jelentrehnya. 

Adapun Kacuk Warsono sebagai Ketua Kwarcab Kabupaten Tuban masa bakti 2021- 2026, saat ditemui usai pelantikan mengungkapkan, Pramuka Tuban akan terus memberikan dukungan penuh kepada pemerintah. Pria yang pernah menjabat sebagai  Komandan Rayon Militer Montong tersebut melanjutkan, amanah yang diemban akan dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Program pramuka akan berfokus pada meningkatkan karakter anak muda, dengan harapan generasi muda akan memberikan inovasi nya untuk pembangunan Kabupaten Tuban dibidang ketahanan pangan.

“Di samping bela negara, pramuka juga akan mendukung dalam hal ketahanan pangan,” terang Kacuk.

Selain itu, program penyelamatan lingkungan hidup juga telah berjalan dengan baik. Seperti diketahui, Pemkab Tuban melibatkan Gerakan Pramuka dalam upaya restorasi lingkungan hidup melalui menanam pohon. “Sudah berjalan, di antaranya penanaman pohon di Kecamatan Semanding dan Grabagan,” ungkapnya. 

Soal Program ke depan, Kacuk mengungkapkan, saat ini pihaknya tengah persiapan untuk mengirim empat anggota Pramuka Kabupaten Tuban untuk mengikuti Jambore Dunia. “Sudah mulai seleksi, dan mereka nantinya akan menjadi perwakilan Kabupaten Tuban pertama kali,” tutup Kacuk. (*red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *