Bupati Anna Dukung Presiden Jokowi Bangga Produk Dalam Negeri

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah menghadiri langsung pengarahan Presiden Jokowi terkait aksi afirmasi bangga buatan Indonesia, di Bali, pada Jumat (25/03/2022). Arahan tersebut kepada Menteri, Kepala Lembaga, Kepala Daerah dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk cinta pada Produk Dalam Negeri.

Melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden. Dalam arahannya, Presiden RI Joko Widodo menegaskan untuk men-trigger pertumbuhan ekonomi sendiri melalui APBN, ABPD dan anggaran BUMN.

“Dengan cara, kita harus memiliki keinginan yang sama untuk membeli dan bangga pada buatan kita sendiri. Bangga buatan Indonesia. Kita produksi sendiri di mana-mana bisa,” tegas Jokowi.

Mulai dari sektor kesehatan, teknologi hingga kebutuhan sekunder seperti seragam, sepatu dan perabot rumah tangga seharusnya dapat menggunakan produk dalam negeri. Presiden Jokowi yakin karena Indonesia kaya sumber daya, sehingga menegaskan untuk tidak terus-menerus bergantung pada produk impor. “Jangan ini diteruskan, stop jika semuanya beli produk dalam Negeri, meloncat pertumbuhan ekonomi kita,” ucapnya.

Artinya, lanjut Jokowi, penambahan pertumbuhan ekonomi sudah ada di depan mata. Jokowi juga menegaskan untuk mendorong sektor UKM di daerah untuk segera masuk melalui e-katalog. “Masukkan sebanyak-banyaknya. Terbaru, UKM yang telah masuk ke e-katalog sebanyak 176 ribu. Akhir tahun harus sudah harus masuk lebih dari 1 juta,” katanya.

Untuk itu, Jokowi mengimbau pada Kepala Daerah, mulai dari Gubernur, Bupati dan Walikota untuk segera memproses UKM yang berpotensi agar masuk dan terdaftar pada e-katalog. Serta mempermudah prosesnya agar semua produk Indonesia memiliki SNI.

Secara terpisah, Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah mendukung penuh pada arahan Presiden Joko Widodo terkait bangga produk dalam Negeri. “Pemkab Bojonegoro dan masyarakat mendukung penuh arahan Presiden Jokowi untuk bangga menggunakan produk dalam Negeri,” pungkasnya

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *