Bupati Anna Dorong Kualitas Industri Kecil Menengah Melalui Fasilitasi Perizinan Mamin

Dukung kemudahan berusaha bagi pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja menyelenggarakan sosialisasi Fasilitasi Perizinan bagi Pelaku IKM Makanan dan Minuman.

Bupati Anna Mu’awanah, menuturkan setiap pelaku UMKM tentu ingin memperoleh kepastian suatu produk yang mereka konsumsi terlindungi oleh suatu Peraturan Perundangan.

Dalam hal ini, Pemkab Bojonegoro senantiasa mengakselerasikan terhadap beberapa produk yang harus mulai dilakukan penelaahan terhadap standarisasi mutu produk, kandungan, resiko dan manfaatnya bagi kesehatan dalam jangka pendek atau panjang.

“Harapannya konsumen bisa memilih akan mengkonsumsi atau tidak. Dalam komposisi produk agar mencantumkan kandungan kalsium, kalori, garam berapa gram. Ke depannya standar seperti ini harus dilakukan,” ungkap Bupati Anna.

Selain itu, perlunya pemberian motivasi kepada pelaku industri kecil menengah. Misal seperti di wilayah Kecamatan Gayam, beragam produk makanan olahan dari sisi warna perlu segera dilakukan verifikasi dan pendataan. Agar minuman itu tetap sehat dan diajarkan pula cara pengemasan dan penyediaan stok yang baik dan benar, sehingga kualitas dan mutu tetap terjaga.

“Harapan kami dengan sosialisasi ini bisa mengurangi resiko kepada konsumen. Termasuk resiko kesehatan jangka pendek maupun jangka panjang standarisasi produk olahan. Karena di beberapa makanan olahan belum ada catatan lengkap kandungannya,” tutup Bupati Anna.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *