ASN di Lingkungan Kemenag Bojonegoro Ikuti Pembinaan dari Sekjen Kemenag RI

Pastipas.id – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenag Bojonegoro mendapatkan materi pembinaan dari Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia H. Nizar Ali, hari Kamis (4/8/2022) kemarin.

“Acara ini guna meningkatkan kapasitas dan kualitas ASN Kemenag Bojonegoro,”Kakan Kemenag Bojonegoro, Munir, Jumat (5/8/2022).

Sekjen Kemenag RI, Nizar Ali, menyampaikan, setiap ASN harus memiliki sistem Merit dengan tiga syarat. Itu tertuang dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (UU ASN).

” Saat ini, sistem merit didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi,”ujarnya.

Bacaan Lainnya

Dia mengatakan, ada tiga syarat itu, pertama kualifikasi. ASNĀ  bekerja harus memiliki kualifikasi yang sesuai dengan bidangnya, dengan dilandasi background pendidikannya.

Setiap formasi CPNS juga harus sesuai dengan kualifikasi sesuai dengan background Pendidikan. Ke dua, kompetensi karena ASN harus diuji kompetensinya,” tandasnya.

Selanjutnya, syarat ketiga adalah kinerja. Yang mana setiap ASN yang bekerja belum tentu berkinerha. Maka dari itu, kinerja ASN harus mengacu pada capaian kerja yang telah dibuat sebelumnya.

Dia memaparkan, jika ASN yang bagus adalah kualifikasinya sesuai dengan bidang pekerjaannya.

“Kompetensinya bagus dan kinerjanya juga bagus,” pungkasnya. (Dwi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *