Anggur, Buah Sehat yang Kaya Manfaat untuk Tubuh

Buah Anggur
Buah Anggur

Pastipas.id, Bojonegoro – Anggur, dengan bentuk bulat dan rasa manis kecutnya, merupakan salah satu buah yang mudah dijumpai di Indonesia dan digemari oleh berbagai kalangan usia. Selain rasanya yang enak, anggur juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Health.com, satu cangkir anggur mengandung 1.35g serat, kurang dari 1 gram lemak, 27 gram karbohidrat, 1.08 gram protein, 3 mg sodium, 80.5 gram air, 69 kalori, 10 mg kalsium, dan sejumlah vitamin, terutama vitamin C.

Berikut adalah beberapa manfaat anggur untuk kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber:

Meningkatkan Imunitas Tubuh

Bacaan Lainnya

Anggur mengandung vitamin C yang cukup tinggi, penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Satu cangkir anggur menyediakan 4.8 mg vitamin C, yang membantu melindungi tubuh dari bakteri dan virus melalui sifat antimikroba alami.

Bantu Tidur Lebih Nyenyak

Sebuah studi menunjukkan bahwa anggur mengandung melatonin, hormon yang diproduksi di otak dan membantu tidur panjang serta nyenyak. Melatonin juga dapat mengatasi jet lag, gangguan tidur, dan kecemasan sebelum atau sesudah operasi.

Memperlambat Penuaan

Dilansir dari Alodokter, anggur mengandung resveratrol yang dapat mencegah penyakit degeneratif, mengaktifkan gen panjang usia, dan membantu sel hidup lebih lama. Asam lemak esensial linolenat dalam anggur juga membantu mengurangi peradangan dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Bantu Jaga Kesehatan Mata

Dikutip dari BBC Good Food, senyawa antioksidan dalam anggur, seperti resveratrol, melindungi sel-sel halus mata dari sinar UV. Lutein dan zeaxanthin dalam anggur melindungi makula mata dari cahaya biru perangkat elektronik, serupa dengan manfaat wortel untuk mata.

Membuat Badan Terhidrasi

Satu cangkir anggur mengandung 121 gram air, membantu hidrasi tubuh. Hidrasi yang baik membantu menghilangkan kotoran tubuh melalui buang air kecil, keringat, dan buang air besar, serta mempertahankan suhu tubuh normal.

Demikian lima manfaat anggur bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (riz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *