33 Peserta Ramaikan Pawai Budaya di HUT RI ke 77

Pastipas.id – Dalam rangka memperingati HUT RI ke 77, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) menggelar Pawai Budaya, Minggu (28//8/2022).

Pawai yang diikuti oleh 31 peserta mulai SMA/SMK, Perguruan Tinggi, dan Umum ini mengangkat tema “Pesona Budaya Bojonegoro”.

Para peserta memberikan penampilan terbaik dihadapan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Kepala OPD sebelum berkeliling kota.

Ada yang menampilkan legenda Khayangan Api, Wali Kidangan, Legenda Bayi Rondo Kuning, Sendang Nanom, hingga Tradisi Wiwit Panen Padi, Tari Tayub, dan Legenda Bremono Bremani.

Bacaan Lainnya

Nampak, Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah menggunakan gaun bermotifkan art painting dengan media kain berwarna merah muda.

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awannah dalam sambutannya mengatakan, dua tahun Bojonegoro tidak menggelar pawai budaya.

“Saya melihat masyarakat sangat antusias dengan adanya pawai budaya ini,”imbuhnya.

Dia mengatakan, selain untuk memupuk budaya Bojonegoro, juga menumbuhkembangkan sektor-sektor ekonomi utamanya produk Bojonegoro.

“Selain Pawai Budaya, akan ada Nglenyer Fashion Week. Ini melibatkan putra-putri daerah,” ucap Bupati sambil memperlihatkan busana buatan putra darah Zahida Painting.

Sementara dalam laporannya, Kepala Disbudpar Budiyanto mengatakan, pawai budaya akan digelar selama dua hari. Hari ini dan besok Senin (29/8/2022).

“Kegiatan ini untuk menggali, menyosialisasikan, serta mengedukasi warga mengenai seni budaya,”tandasnya .

Dia mengatakan, untuk hari ini ada 31 peserta. Dengan rincian 13 kelompok dari SMA, SMK dan MA. Sementara 18 kelompok perguruan tinggi dan umum.

“Sementara untuk SD/MI dan SMP/MTs sebanyak 27 peserta,” terangnya.(Dwi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *