Upacara HUT ke-79 TNI di Alun-alun Bojonegoro

Upacara HUT ke-79 TNI di Alun-alun Bojonegoro 

Pastipas.id, Bojonegoro - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) berlangsung dengan penuh semangat di Alun-Alun Bojonegoro, Sabtu (5/10/2024).

Acara yang dihadiri ribuan warga ini menjadi saksi dari berbagai atraksi memukau yang ditampilkan oleh prajurit TNI, dengan tema "TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju".

Upacara ini diramaikan dengan demonstrasi ketangkasan prajurit yang luar biasa. Atraksi tersebut meliputi Bela Diri Militer (BDM), Pertempuran Jarak Dekat (PJD), snapling, rapling dari Gedung Pemkab, serta simulasi pembebasan sandera yang menegangkan.

Tak ketinggalan, pameran alutsista juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat yang memadati alun-alun untuk melihat langsung peralatan canggih milik TNI.

Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto beserta jajaran Forkopimda turut hadir dalam upacara ini. Pasukan upacara terdiri dari personel Kodim, Polri, Brimob, BPBD, Damkar, Dishub, Satpol PP, Linmas, hingga perwakilan organisasi masyarakat seperti Kokam dan Ikatan Pencak Silat Indonesia.

Dalam sambutannya, Dandim 0813 Bojonegoro Letkol CZI Arief Rochman Hakim yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto.

Panglima menekankan pentingnya TNI yang profesional, modern, dan siap menghadapi tantangan di era globalisasi yang penuh disrupsi.

"Prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara harus memiliki kapabilitas tinggi dan mampu menjaga kedaulatan serta mendukung pembangunan nasional," ujar Panglima TNI dalam amanatnya.

Ia juga menyoroti pentingnya soliditas TNI bersama rakyat dalam menyukseskan kepemimpinan nasional yang baru.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI menyampaikan rasa hormat kepada Presiden Joko Widodo atas dedikasinya selama 10 tahun memimpin Indonesia dan menyambut baik kepemimpinan Presiden terpilih, Jenderal (Purn) Prabowo Subianto.

Selain itu, Panglima TNI menekankan agar seluruh prajurit tidak mudah terprovokasi dengan isu yang bisa memecah belah soliditas TNI.

"Tugas kita adalah menjaga sinergitas dengan Polri dan seluruh elemen masyarakat agar Pilkada Serentak berjalan aman dan lancar," tambahnya.

Dengan berakhirnya upacara dan berbagai atraksi ketangkasan, masyarakat Bojonegoro pulang dengan membawa kebanggaan terhadap TNI yang semakin kuat dan berintegritas dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas