Pj Bupati Bojonegoro Pimpin Persemayaman Api Abadi di Alun-alun Bojonegoro

Pj Bupati Bojonegoro Pimpin Persemayaman Api Abadi di Alun-alun Bojonegoro

Pastipas.id, Bojonegoro - Prosesi persemayaman api abadi dari Kayangan Api digelar dengan penuh khidmat pada Sabtu malam (19/10/2024). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Bojonegoro (HJB) ke-347, dengan tema "Bojonegoro Makmur Masyarakat Sejahtera."

Dalam prosesi ini, seluruh tamu undangan kompak mengenakan kebaya, jarik batik, dan busana bermotif atas angin, mencerminkan kekayaan budaya daerah.

Api abadi yang diambil dari Wisata Kayangan Api, Desa Sendangharjo, Kecamatan Ngasem, diyakini sebagai simbol semangat pembangunan, yang menyala abadi, menggambarkan tekad kerja keras untuk kemajuan Bojonegoro.

Sebelumnya, pada siang harinya, prosesi pengambilan api abadi dilakukan di Kayangan Api, di mana api sempat transit di halaman Bakorwil Bojonegoro.

Malam harinya, prosesi dilanjutkan dengan penyerahan api oleh Camat Ngasem kepada Camat Bojonegoro, yang kemudian membawanya ke pintu gerbang kantor Pemkab Bojonegoro. Dari sana, api diserahkan kepada Ketua DPRD untuk dibawa ke Pendopo Pemkab.

Di Pendopo Malowopati, Pj Bupati Bojonegoro Adriyanto bersama jajaran Forkopimda menerima api abadi dan kemudian menyulutnya di tungku persemayaman yang terletak di alun-alun Bojonegoro.

Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan Tari Api Khayangan yang memukau para tamu undangan.

Selain itu, acara dilanjutkan dengan Prosesi Kirab Gunungan Grebeg Berkah dari Pemkab Bojonegoro bersama 28 kecamatan, yang berarak dari Pendopo Malowopati menuju alun-alun.

Hadir dalam acara tersebut, jajaran kepala OPD, ketua DPRD, Forkopimda, camat, kades, serta pimpinan BUMN dan BUMD di Bojonegoro.

Perayaan ini tidak hanya sebagai bagian dari tradisi, tetapi juga untuk memupuk semangat pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Bojonegoro. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas