Pemkab Bojonegoro Terima dan Estafetkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ke Tuban

Pemkab Bojonegoro Terima dan Estafetkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya ke Tuban

Pastipas.id, Bojonegoro - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menyambut dan memberangkatkan Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya yang merupakan rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Provinsi Jawa Timur.

Prosesi tersebut digelar pada Senin (7/10/2024) di Pendopo Malowopati Bojonegoro, setelah sebelumnya kirab ini tiba dari Kabupaten Ngawi.

Setelah acara penyerahan, pataka langsung diberangkatkan menuju Kabupaten Tuban pada hari yang sama.

Rombongan kirab diterima di perbatasan Kabupaten Bojonegoro dan Ngawi, tepatnya di Kecamatan Margomulyo, dan sempat beristirahat di Kecamatan Kalitidu sebelum melanjutkan perjalanan ke Kota Bojonegoro.

Prosesi penyambutan dilakukan dengan penuh khidmat, diawali penyerahan Pataka Jer Basuki Mawa Beya dari Kasatpol PP Ngawi kepada Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Bojonegoro, Djoko Lukito.

Djoko Lukito mengungkapkan harapannya agar kirab ini dapat membangkitkan semangat membangun Jawa Timur yang lebih makmur dan sejahtera.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga situasi damai dan kondusif menjelang Pilkada 2024 di Jawa Timur.

“Dengan adanya kirab ini, kami harapkan dapat meningkatkan jiwa semangat untuk membangun Jawa Timur yang lebih makmur, sejahtera, damai, dan bermartabat. Selain itu, agar Pilkada 2024 bisa berjalan damai dan kondusif,” ujar Djoko Lukito dalam sambutannya.

Setelah serah terima, Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya kemudian diberangkatkan dari Bojonegoro menuju Tuban melalui rute Jalan P. Mas Tumapel, Jalan Imam Bonjol, hingga Pendopo Kridho Manunggal Kabupaten Tuban.

Kirab ini melewati beberapa kecamatan di Tuban, yaitu Parengan, Soko, Rengel, Plumpang, dan Pakah, sebelum tiba di lokasi upacara serah terima di Tuban.

Kirab Pataka Jer Basuki Mawa Beya kali ini tidak hanya membawa Bendera Merah Putih, tetapi juga sejumlah pataka lainnya, seperti Pataka Satuan Polisi Pamong Praja, Satuan Pemadam Kebakaran, dan Pataka Lambang KPU serta Bawaslu.

Kirab tersebut menempuh perjalanan sepanjang 1.915 km, melibatkan 38 kabupaten/kota di Jawa Timur, dengan tema “Siaga Pilkada Damai Jawa Timur Tahun 2024” atau SIPADAM.

Prosesi penyambutan dan pemberangkatan kirab di Bojonegoro turut dimeriahkan dengan penampilan Tari Pesona Nusantara dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Sejumlah pihak turut hadir, termasuk OPD, Satpol PP, Damkar, BPBD, Linmas, Paskibraka, Pramuka, dan tim kesehatan.

Kirab ini menjadi simbol kekompakan dan persatuan dalam menyambut Pilkada yang aman dan damai di Provinsi Jawa Timur. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas