Pemkab Bojonegoro Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pemkab Bojonegoro Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Pastipas.id, Bojonegoro - Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro menggelar upacara khidmat di halaman Pendopo Malowopati pada Selasa (1/10/2024).

Upacara yang dihadiri oleh seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Bojonegoro ini bertujuan memperkuat fondasi keutuhan bangsa dengan semangat kebersamaan berlandaskan nilai-nilai Pancasila.

Dengan tema “Bersama Pancasila Mewujudkan Indonesia Emas”, upacara kali ini dipimpin oleh Plh Sekda Kabupaten Bojonegoro, Djoko Lukito, sebagai inspektur upacara.

Rangkaian acara dimulai dengan mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila serta Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Acara ini mencapai puncaknya dengan pembacaan naskah ikrar Hari Kesaktian Pancasila yang diterbitkan oleh Kemendikbudristek.

Ikrar tersebut menjadi komitmen bersama untuk menjaga dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa di tengah berbagai tantangan yang dihadapi.

Dalam naskah ikrar, disebutkan bahwa sejak proklamasi kemerdekaan pada 17 Agustus 1945, bangsa Indonesia telah menghadapi berbagai rongrongan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Namun, berkat semangat kebersamaan yang dilandasi nilai-nilai Pancasila, Indonesia tetap kokoh sebagai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Kami bertekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan Pancasila sebagai sumber kekuatan dalam menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan NKRI," bunyi salah satu bagian dari ikrar tersebut.

Upacara ini menjadi momentum penting bagi ASN dan masyarakat Bojonegoro untuk memperkuat kembali semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

Sebagai pilar utama dalam menjaga keutuhan NKRI, Pancasila terus menjadi landasan moral dan ideologi bangsa yang tak tergantikan.

Peringatan Hari Kesaktian Pancasila diharapkan mampu membulatkan tekad seluruh komponen bangsa, terutama jajaran pemerintahan, untuk senantiasa mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan dalam tugas melayani masyarakat.

Tahun ini, Pemkab Bojonegoro kembali menegaskan komitmennya untuk mewujudkan Indonesia Emas dengan bersandar pada semangat Pancasila yang telah teruji sebagai dasar ideologi negara. (red)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas