Dinas P3AKB Bojonegoro Gelar Bimtek Percepatan Pengarusutamaan Gender

Dinas P3AKB Bojonegoro Gelar Bimtek Percepatan Pengarusutamaan Gender

Pastipas.id, Bojonegoro – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (P3AKB) Bojonegoro menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) percepatan pengarusutamaan gender (PUG) di berbagai bidang pembangunan.

Acara ini berlangsung pada Kamis (10/10/2024) di ruang Partnership Lt. IV Gedung Pemkab Bojonegoro, dengan fokus utama pada penganggaran responsif gender (PPRG).

Asisten Administrasi Umum Setda Bojonegoro, Ninik Susmiati, yang mewakili Pj Bupati Adriyanto, menyampaikan pentingnya pembangunan yang berkeadilan dan berkesetaraan gender di Bojonegoro.

Menurutnya, untuk mewujudkan masyarakat yang setara gender, diperlukan sinergi antara berbagai pihak, seperti Organisasi Perangkat Daerah (OPD), instansi terkait, hingga perguruan tinggi dan lembaga masyarakat.

“Kita melibatkan berbagai pihak melalui sosialisasi desa dan kelurahan ramah perempuan dan peduli anak,” ujar Ninik Susmiati.

Lebih lanjut, Ninik menjelaskan bahwa PUG menjadi solusi untuk mengatasi masalah ketidakadilan gender, seperti kemiskinan, rendahnya keterlibatan perempuan dalam kepemimpinan, hingga angka putus sekolah.

“PUG dapat mengurangi kesenjangan di berbagai sektor seperti pendidikan, kesehatan, dan ekonomi,” tambahnya.

Kegiatan ini diharapkan mampu mendorong Bojonegoro menjadi kabupaten yang ramah perempuan dan peduli anak, dengan anggaran yang responsif gender sebagai langkah konkret mewujudkan tujuan tersebut.

Kepala Dinas P3AKB Bojonegoro, Heru Sugiarto, menambahkan bahwa Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pedoman bagi OPD terkait penyusunan anggaran daerah yang responsif gender.

“Harapannya, desa dan kelurahan yang ramah perempuan dan peduli anak akan semakin banyak terbentuk,” pungkas Heru. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas