Ribuan Pendamping Desa dari 15 Kabupaten Jatim Hadiri Apel Kebangsaan di Bojonegoro

Ribuan Pendamping Desa dari 15 Kabupaten Jatim Hadiri Apel Kebangsaan di Bojonegoro

Pastipas.id, Bojonegoro - Ribuan pendamping desa dari 15 kabupaten di Provinsi Jawa Timur berkumpul di Alun-Alun Kabupaten Bojonegoro untuk mengikuti Apel Kebangsaan, Selasa (17/9/2024).

Acara ini diadakan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) dalam rangka memperkuat peran desa sebagai basis pembangunan nasional.

Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendes PDTT, Rosyid Althaf, yang menyampaikan amanat dari Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar, menegaskan bahwa pendamping desa memiliki peran strategis dalam meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas pemerintah desa.

“Pendamping desa hadir untuk memajukan pembangunan desa secara partisipatif dan optimalisasi aset lokal,” kata Rosyid di hadapan 1.345 peserta apel.

Apel yang diikuti pendamping desa dari kabupaten seperti Madiun, Magetan, Ngawi, dan Tuban ini juga menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah desa dan masyarakat.

Desa diposisikan sebagai “rumah data” yang menjadi fondasi pembangunan nasional menuju Indonesia Emas 2045.

Rosyid menekankan bahwa pendamping desa bukan sekadar pelaksana administrasi, tetapi juga penggerak ekonomi lokal yang berperan besar dalam meningkatkan kualitas belanja desa.

Acara ini dimeriahkan dengan penyerahan penghargaan Tokoh Inspiratif Pendamping Desa Jatim, serta penampilan seni budaya, seperti Tari Thengul dan Reog Ponorogo. Juga terdapat pameran UMKM yang menampilkan produk-produk unggulan lokal. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas