Jambore Kesehatan Jiwa Kabupaten Tuban 2024 Resmi Dibuka

Jambore Kesehatan Jiwa Kabupaten Tuban 2024 Resmi Dibuka

Pastipas.id, Tuban – Pemerintah Kabupaten Tuban melalui Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes P2KB) resmi membuka Jambore Kesehatan Jiwa Kabupaten Tuban 2024 dengan tema "Utamakan Kesehatan Mental."

Acara yang digelar di Pendapa Krida Manunggal pada Kamis (12/9/24) ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan jiwa.

Dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dinkes P2KB Tuban, Dra. Esti Surahmi, Apt., Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzki, S.E. menegaskan bahwa kesehatan mental merupakan aset utama dalam mempercepat kemajuan bangsa.

"Kesehatan jiwa menjadi fondasi penting untuk menciptakan pribadi yang disiplin, jujur, produktif, dan bermartabat," ungkapnya.

Bupati juga menekankan pentingnya sinergi antara sektor kesehatan dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, civitas akademika, dan stakeholder lainnya dalam memberikan pelayanan kesehatan jiwa.

"Pendekatan berbasis lingkungan juga sangat diperlukan dalam pengobatan pasien gangguan jiwa, selain dari pengobatan farmakologis," jelasnya.

Hal ini, lanjut Bupati, dapat memperkuat hubungan pasien dengan keluarga dan lingkungan sekitar, yang menjadi faktor kunci dalam pemulihan.

Tak hanya itu, Bupati Tuban juga menyoroti peran penting keluarga dalam mendukung pasien gangguan jiwa.

"Keluarga harus menjadi detektor awal, sekaligus perawat di rumah yang memastikan pasien menjalani pengobatan secara rutin," tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, apresiasi juga diberikan kepada para kader kesehatan jiwa yang dinilai berperan aktif dalam membantu proses penyembuhan pasien.

Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya atas dedikasi mereka, serta mengingatkan pentingnya menjaga semangat dalam melayani.

“Insyaallah, semua kebaikan yang telah dilakukan akan memberikan energi positif bagi bapak dan ibu kader,” tuturnya.

Bupati juga memberikan pesan khusus kepada mahasiswa yang hadir untuk menjaga kesehatan mental dengan aktivitas yang menyenangkan, berolahraga, dan berpikir positif.

"Lakukan aktivitas yang sesuai minat, makan makanan bergizi, serta olahraga secara rutin agar jauh dari stres dan depresi," pesannya.

Jambore Kesehatan Jiwa ini diharapkan dapat memberikan pemahaman lebih dalam mengenai pentingnya kesehatan mental, baik bagi masyarakat umum maupun bagi pasien dan keluarganya. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas