Siswa SLB Putra Harapan Bojonegoro Raih Juara 1 Catur Tunanetra Nasional di O2SN 2024

Siswa SLB Putra Harapan Bojonegoro Raih Juara 1 Catur Tunanetra Nasional di O2SN 2024


Pastipas.id, Bojonegoro – Qosim Nur Shiha, siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Putra Harapan Bojonegoro, berhasil meraih juara 1 dalam Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2024 cabang lomba Catur Tunanetra Tingkat Nasional. Qosim mewakili Jawa Timur dalam ajang bergengsi yang digelar di Jawa Barat pada 19-25 Agustus 2024.

Keberhasilan Qosim ini mendapat dukungan penuh dari Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Adriyanto, yang sempat menemui dan memberikan motivasi kepada Qosim sebelum keberangkatannya.

Pertemuan tersebut berlangsung di rumah dinas Pj Bupati Bojonegoro pada Minggu (18/8/2024), di mana Adriyanto berpesan agar Qosim tetap semangat dan menjaga sportivitas selama bertanding.

"Pak Pj Bupati memberikan pesan untuk tetap semangat dan menjaga sportivitas," ujar Kepala SLB Putra Harapan, Endar Dwi Wahyuni, Jumat (23/8/2024). Ia juga menjelaskan bahwa O2SN merupakan ajang untuk mengembangkan minat dan bakat siswa, serta membangun karakter optimis dan tangguh.

Endar mengungkapkan bahwa lomba catur tunanetra memiliki tantangan tersendiri, di mana para pemain harus bermain tanpa melihat papan catur, namun tetap mampu mengatur strategi untuk mengalahkan lawan. "Ini membutuhkan konsentrasi tinggi dan pemahaman mendalam akan permainan," tambahnya.

Qosim, yang saat ini duduk di kelas XII, bukanlah pendatang baru dalam dunia kompetisi. Sebelumnya, ia telah meraih berbagai prestasi, termasuk Juara 1 Edufair Disability Expo 2023 Nasional, Juara 1 O2SN PDBK 2023 Provinsi, Juara 2 O2SN PDBK 2023 Nasional, dan Juara 1 O2SN PDBK Provinsi 2024.

Endar berharap, prestasi Qosim dapat menjadi teladan bagi siswa lainnya, khususnya anak-anak berkebutuhan khusus, untuk terus berprestasi meski dengan segala keterbatasan.

Ia juga mengajak institusi dan masyarakat untuk memberikan dukungan penuh dan kesempatan bagi anak-anak berkebutuhan khusus agar mereka dapat berkembang secara optimal.

"Terima kasih kepada Bapak Pj Bupati dan dinas terkait atas dukungan dan support-nya," pungkas Endar. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas