Presiden Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kalimantan Timur pada Upacara HUT RI ke-79 di IKN

Jokowi Kenakan Pakaian Adat Kalimantan


Pastipas.id, Bojonegoro – Pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, upacara perdana dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Sabtu (17/8/2024). Dalam momen bersejarah ini, Presiden RI Joko Widodo tampil mengenakan pakaian adat Kustin, yang merupakan busana tradisional dari Provinsi Kalimantan Timur. Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, juga turut mengenakan pakaian adat serupa.

Pakaian adat Kustin yang dikenakan oleh Presiden Jokowi terinspirasi dari Kesultanan Kutai Kartanegara di Kalimantan Timur. Baju adat ini dikenal sebagai simbol kebesaran, dan pada masa lalu, hanya dapat dikenakan oleh Raja dan keturunannya.

Pakaian Kustin merupakan pakaian kasta tertinggi yang biasa digunakan dalam upacara penting dan upacara erau, upacara termegah di Kutai Kartanegara.

Selain Presiden Jokowi, tamu undangan dan jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju juga terlihat mengenakan pakaian adat dari berbagai wilayah di Indonesia, menambah semarak perayaan HUT RI di IKN.

Presiden Jokowi sendiri bertindak sebagai Inspektur Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan, dengan Presiden Terpilih, Prabowo Subianto, turut hadir mendampingi.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wakil Presiden Terpilih, Gibran Rakabuming Raka, menghadiri upacara HUT RI yang dilaksanakan di Istana Merdeka, Jakarta. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas