PKB Siap Lawan Koalisi Besar Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

Logo Partai PKB

Pastipas.id, Surabaya - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan kesiapan menghadapi Pilgub Jatim 2024, meskipun akan melawan koalisi besar yang mengusung pasangan petahana Khofifah-Emil.

Wakil Bendahara DPW PKB Jatim, Ubaidillah, menegaskan partainya tidak gentar meski harus berhadapan dengan gabungan banyak partai.

Ubaidillah menyampaikan bahwa PKB sudah memiliki sikap jelas terkait Pilgub Jatim 2024. Baginya, kontestasi politik ini tidak boleh hanya diisi oleh satu pasangan calon, alias melawan kotak kosong.

PKB, katanya, sudah menyiapkan calon alternatif untuk Pilgub yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

"Tidak apa-apa melawan koalisi besar, yang penting jangan sampai bumbung kosong agar demokrasi berjalan baik di Jawa Timur," ujar Ubaidillah, yang juga merupakan anggota DPRD Jatim, saat dikonfirmasi di Surabaya, Senin (12/8/2024).

Hingga saat ini, hanya PKB dan PDI Perjuangan yang belum menentukan calon di Pilgub Jatim 2024. PKB memiliki 27 kursi di DPRD Jatim, sementara PDIP memiliki 21 kursi.

Sementara itu, delapan partai parlemen lainnya telah bergabung dengan Khofifah-Emil yang merupakan pasangan petahana.

Namun, Ubaidillah yang akrab disapa Ubaid, tetap optimis dengan peluang PKB. Menurutnya, dalam politik, segala sesuatu mungkin terjadi, termasuk di Pilgub Jatim.

Ia mengungkapkan bahwa PKB dan PDIP terus menjajaki peluang koalisi di kubu penantang, dan saat ini proses pendaftaran yang tinggal dua pekan lagi akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menghasilkan pasangan calon yang kuat.

"Tunggu masih ada waktu untuk mematangkan koalisi dengan PDIP. DPP sedang intensif membangun komunikasi," ungkap Ubaid, yang juga menjabat sebagai Ketua Garda Bangsa Jatim, sayap organisasi PKB.

Sementara itu, Partai NasDem telah memastikan akan mendukung Khofifah-Emil pada Pilgub Jatim 2024, meskipun dukungan tersebut belum diberikan secara resmi.

Ketua DPW NasDem Jatim, Lita Machfud Arifin, menyatakan bahwa partainya akan segera memberikan dukungan resmi kepada pasangan tersebut, menambah panjang daftar partai yang berada di kubu pengusung petahana.

Dengan bergabungnya NasDem, maka total sudah ada sembilan partai yang mendukung Khofifah-Emil, termasuk Gerindra, Golkar, Demokrat, PKS, PAN, PPP, PSI, dan Perindo yang merupakan partai non-parlemen.

Pendaftaran Pilgub Jatim semakin dekat, dan semua pihak tampaknya sedang mempersiapkan strategi terbaik untuk menghadapi pertarungan politik ini. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas