Ketum PBNU Resmi Lantik Rektor Unugiri Bojonegoro

Ketum PBNU Resmi Lantik Rektor Unugiri Bojonegoro


Pastipas.id, Bojonegoro – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Yahya Cholil Staquf, secara resmi melantik Kiai M. Jauharul Ma'arif sebagai Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri (Unugiri) Bojonegoro.

Acara pelantikan tersebut berlangsung di Auditorium Hasyim Asy'ari lantai tiga Unugiri, Bojonegoro, Jawa Timur, pada Rabu (21/8/2024).

Dalam prosesi pelantikan, Gus Yahya membacakan ikrar yang kemudian diikuti oleh M. Jauharul Ma'arif.

Ikrar tersebut diawali dengan bacaan Syahadat dan shighot ijab pembaiatan, serta dilanjutkan dengan ikrar kesediaan untuk senantiasa mengamalkan Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan menegakkan akidah Ahlussunnah wal Jama'ah.

“Saya selaku rektor Unugiri dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab, akan mengamalkan dan mempertahankan Pancasila dan UUD 1945 secara murni dan konsekuen, menegakkan akidah Ahlussunnah wal Jama'ah An-Nahdliyah serta mematuhi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Nahdlatul Ulama (NU),” ujar M. Jauharul Ma'arif dalam ikrarnya.

Dalam sesi pengarahan, Gus Yahya menyampaikan harapannya agar Unugiri Bojonegoro tidak hanya fokus pada pengembangan institusi, tetapi juga berkontribusi bagi perkembangan daerah Bojonegoro.

“PBNU menitipkan harapan besar kepada Unugiri, bukan hanya untuk mengembangkan institusi dan lembaga, tetapi juga untuk perkembangan di Bojonegoro,” pesan Gus Yahya.

Menurutnya, jika harapan tersebut bisa diwujudkan, dampaknya akan dirasakan secara luas, tidak hanya di Jawa Timur tetapi juga di seluruh Indonesia.

Sebagai penutup, Gus Yahya yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Raudhatut Thalibin, Leteh, Rembang, mengucapkan selamat kepada Kiai M. Jauharul Ma'arif atas pengangkatan sebagai Rektor Unugiri.

“Saya ucapkan selamat kepada Pak Jauharul Ma'arif sebagai rektor yang baru dilantik. Mudah-mudahan bisa melaksanakan tugas dengan baik. Siap-siap jungkir balik supaya peluang yang ada ini tidak lewat sia-sia,” tutupnya.

Pelantikan Kiai M. Jauharul Ma'arif sebagai Rektor Unugiri Bojonegoro untuk masa khidmat 2024-2028 ini telah disahkan melalui Surat Keputusan PBNU No. 2167/PB.01/AII.01.45/99/08/2024.

Keputusan tersebut menegaskan bahwa yang bersangkutan harus menjalankan tugasnya sesuai dengan peraturan yang berlaku dan petunjuk dari PBNU.

Acara pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Menteri Sekretaris Negara yang juga merangkap Dewan Pembina Unugiri, Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc; Sekjen PBNU, Saifullah Yusuf; Rais Syuriyah PCNU Bojonegoro, KH. Ahmad Maimun Syafi'i; Rais Tanfidziyah PCNU Bojonegoro, dr. Kholid Ubaid; BPP UNUGIRI, Drs. Saifuddin Idris, MM; serta para Pengasuh Pondok Pesantren se-Bojonegoro, Kepala Dinas dan Kepala Lembaga Pendidikan di Bojonegoro, dan segenap Sifitas Akademika Unugiri. (riz)

Posting Komentar

[ADS] Bottom Ads

Copyright © 2023

Pasti Pas