1.629 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Siap Berangkat ke Tanah Suci

Pastipas.id (Bojonegoro) – Sebanyak 1.629 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Bojonegoro siap berangkat ke Tanah Suci, Kamis (1/6/2023) dan Jumat (2/6/2023). Pemberangkatan CJH asal Kabupaten Bojonegoro terbagi dalam empat kloter; yaitu kloter 20, kloter 21, kloter 22, dan kloter 23.

Kabag Kesra Setda Kabupaten Bojonegoro, Sahlan saat dikonfirmasi Rabu (31/05/2023) menjelaskan, untuk kloter 20 berisi 294 jemaah yang terbagi dalam 6 bus. Sedang kloter 21 berisi 445 jemaah yang terbagi dalam 10 bus. Kloter 22 berisi 445 jemaah yang terbagi dalam 10 bus, serta kloter 23 berisi 445 jamaah yang terbagi dalam 10 bus. Jemaah haji yang masuk kloter 20, 21, dan 22 akan berangkat pada Kamis (1/6/2023), sedangkan jemaah kloter 23 akan berangkat pada Jumat (2/6/2023).

Keberangkatan dijadwalkan pukul 03.15 WIB dini hari untuk kloter 20 dan 21. Para CJH akan berkumpul di halaman Pendopo Malowopati Pemkab Bojonegoro untuk melaksanakan upacara prosesi pemberangkatan. Kemudian untuk kloter 22, prosesi pemberangkatan dimulai pukul 06.00 WIB tanpa upacara. Sedangkan untuk kloter 23, CJH berkumpul di halaman Pendopo Malowopati pukul 04.30 WIB dan mengikuti upacara prosesi pemberangkatan.

“Kendaraan pengantar CJH akan diberikan stiker khusus guna memudahkan mobilisasi pengantar jemaah. Pihak panitia pemberangkatan memberlakukan aturan ketat terkait waktu kedatangan pengantar. Kendaraan yang tidak sesuai dengan jadwal keberangkatan akan dilarang melintas, karena prioritas utama adalah memastikan keberangkatan CJH sesuai jadwal yang telah ditentukan,” terangnya.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Djoko Lukito dalam Rapat Koordinasi Pemberangkatan Ibadah Haji, Senin (29/5/2023) lalu menyampaikan, untuk rincian teknis pemberangkatan CJH telah diatur sebaik mungkin oleh panitia. Semua persiapan telah dilakukan dengan cermat untuk memastikan keberangkatan CJH tahun ini berlangsung dengan lancar dan sukses.

“Kami berharap calon jemaah haji tahun ini dapat menjalankan ibadah haji dengan khidmat dan khusyuk di Tanah Suci agar mendapat keberkahan dan menjadi haji mabrur, serta kembali dengan selamat ke Tanah Air,” tutur Djoko Lukito.

Lebih lanjut, informasi yang diterima dari Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Kabupaten Bojonegoro Tahun 2023, bahwa bagi para pengantar CJH dari kloter 20 dan 21 dapat diantarkan ke Pendopo Malowopati melalui Jl. Trunojoyo (kantor pos) dan menuju Jl. Mas Tumapel. Sedangkan CJH dari kloter 22 dapat menggunakan rute melalui Jl. KH. Hasyim Asy’ari, Jl. Pahlawan, dan sampai di Jl. Mas Tumapel.

Pemkab Bojonegoro telah menyediakan area parkir khusus di alun-alun dan di halaman Bakorwil Bojonegoro, untuk memfasilitasi parkir kendaraan pengantar CJH. Sedangkan untuk kendaraan pengiring CJH dapat memanfaatkan area parkir di sepanjang Jl. Diponegoro, Jl. AKBP M. Suroko, Jl. Imam Bonjol, Jl. Hayam Wuruk, Jl. JA Suprapto, Jl. Mastrip, dan Jl. Panglima Sudirman. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *